BERITA PILIHAN

Pesona IndahTanjung Pendam Yang Berada di Pusat Kota Tanjungpandan

Share |

MATADUNIA | BELITUNG - Pantai Tanjung Pendam berada di pusat kota Tanjungpandan, tidak jauh dari Museum Pemda Tk. II Belitung. Terdapat gedung-gedung peninggalan jaman Kolonial Belanda yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal dan sarana umum seperti rumah sakit.

Gedung-gedung Tua di tepi pantai ini mengarah ke Barat dan wisatawan bisa menyaksikan sunset ketika senja hari. Tempat wisata ini, selain hari-hari libur juga ramai dikunjungi bila sore hari oleh penduduk lokal untuk bersantai. Fasilitas yang ditawarkan seperti rumah makan dan area arena permainan yang sering digunakan untuk even-even tertentu.

Acara tradisi Buang jong pada tahun-tahun tertentu oleh suku Sawang, diadakan di tepi pantai ini sekitar bulan Agustus sampai November. Potensi paling populer pantai tanjung pendam sering dimanfaatkan masyarakat untuk mencari kijing, yaitu sejenis cacing laut yang diambil dari lubangnya menggunakan kapur sirih dengan lidi sapu atau benang.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan laut Tanjung Pendam untuk memancing ikan bebulus. Kawasan pantai seluas 22 Ha ini yang telah dikembangkan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Belitung seluas 2,25 Ha dengan menyediakan berbagai fasilitas umum, sementara yang 19,75 Ha hingga saat ini belum dikembangkan. (Ist) (Photo. sunburstadventure.com)
lintasberita

0 komentar

Leave a Reply

Advertisment