BERITA PILIHAN

Obama: China Harus Berbuat Lebih Pada Mata Uangnya

Share |

MATADUNIA ONLINE | NEW YORK - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan kepada Perdana Menteri China Wen Jiabao pada Kamis, bahwa Beijing harus berbuat lebih banyak untuk mengatasi meningkatnya ketegangan atas nilai mata uang yuan China.

Jeff Bader, asisten utama Obama untuk kebijakan Asia Timur, mengatakan kepada wartawan bahwa pertemuan Obama dengan Wen di PBB sebelumnya pada Kamis dikhususkan untuk masalah ekonomi.

Presiden Amerika mengatakan kepada Wen, bahwa sengketa perdagangan dan mata uang saat ini dengan China adalah "masalah yang paling penting akan kami berbicara hari ini," kata Bader.

Obama juga berbicara tentang perlunya "bagi China untuk melakukan lebih dari yang telah dilakukan hingga saat ini."

Presiden telah memperingatkan Beijing pada Senin, bahwa ekonomi hubungan AS-China harus menjadi "jalan dua arah" dalam menguatkan lebih lanjut dari retorika Amerika pada sengketa mata uang dan perdagangan.

Pemerintahan Obama mengatakan bahwa Beijing menjaga mata uang artifisial rendah terhadap dolar untuk membuat ekspornya lebih kompetitif, dan menunjukkan tanda-tanda meningkatnya frustrasi atas pertengkaran yang telah lama berjalan.

China balik memukul bahwa tekanan asing atas kebijakan mata uangnya adalah "tidak bijaksana" dan "picik." (Antara News)
lintasberita

0 komentar

Leave a Reply

Advertisment