BERITA PILIHAN

Hujan Hadiah Bagi 33 Penambang yang Selamat

Share |

MATADUNIA ONLINE | CHILE - Setelah berhasil diselamatkan dari bawah tanah, 33 penambang di Chile kini dihujani hadiah. Beragam hadiah mulai berupa uang, jalan-jalan ke luar negeri hingga pemutar musik yang sedang ngetrend, iPod.

Menurut laman berita MSNBC, mereka sudah mendapat hadiah saat masih menunggu penyelamatan 700 meter di bawah tanah, yaitu berupa kacamata gelap Oakley dan cakram musik Elvis Presley. Kacamata itu tetap mereka pakai setelah berhasil diangkat ke atas karena berguna melindungi mata dari teriknya sinar Matahari setelah 69 hari mereka tidak melihat cahaya secara normal.

Selama beberapa hari setelah dibebaskan, para penambang masih harus dirawat di rumah sakit. Namun, mereka sudah ditawari berbagai hadiah yang menggiurkan.

Menurut kantor berita Associated Press, seorang eksekutif perusahaan tambang di Chile, Leonardo Farkas, sudah menyiapkan cek sebesar US$10.000 untuk setiap penambang. Dia merupakan seorang filantropi terkemuka di Chile yang setiap tahun menggalang amal lewat siaran televisi untuk anak-anak penderita kelainan fisik.

Hadiah juga datang dari para staf perusahaan pertambangan asal Yunani, Elmin. Mereka menggalang dana agar bisa membiayai perjalanan 33 penambang dan pendamping masing-masing ke salah satu pulau di Yunani yang mereka suka. "Kami ingin mereka rileks di pantai menikmati sinar matahari dan laut," tulis eksekutif Elmin, Liberis Polixronopulos.

Bos perusahaan Apple Inc., Steve Jobs, juga telah mengirim pemutar musik iPod bagi para penambang. Hadiah itu sebenarnya sudah sampai sebelum berlangsungnya operasi penyelamatan di pertambangan San Jose. Namun, menurut harian The Guardian, hadiah itu tidak langsung diberi karena bisa mengundang kecemburuan bagi rekan-rekan penambang yang turut memberi dukungan dan pertolongan.

Seorang penambang, Edison Pena, ditawari hadiah khusus. Berhubung dia adalah penggemar lagu-lagu Elvis Presley, Pena diundang untuk berkunjung ke rumah mendiang Raja Rock 'n Roll itu di Graceland, AS. Maskapai Amerika, Delta Airlines, sudah bersedia menanggung perjalanan Pena.

Saat masih terjebak, Pena meminta tim penyelamat agar mengirim lagu-lagu Elvis supaya bisa dinyanyikan bersama dengan teman-teman. Ini berguna untuk membangkitkan semangat mereka selagi menunggu evakuasi. Pena bersama istri senang untuk ke Graceland, namun mereka belum merencanakan waktu keberangkatan.

Sementara itu, pesepakbola legendaris klub Manchester United (MU), Bobby Charlton, mengundang semua penambang yang selamat untuk menonton salah satu pertandingan MU di Stadion Old Trafford. Ini merupakan bentuk simpati Charlton, yang merupakan pimpinan kehormatan MU. Pasalnya, Charlton berasal dari keluarga penambang.

Seorang penambang, Franklin Lobos, menerima hadiah khusus dari para pemain Barcelona. Salah satu klub sepakbola terkemuka di Spanyol itu mengirim sebuah bola yang disertai dengan coretan pesan dan tandatangan para pemain. Barcelona pun mengirim kaos tanda tangan pemain bagi semua penambang yang terjebak.

Penambang lain, Victor Segovia, dikabarkan menjadi incaran para penerbit buku internasional. Pasalnya, dia satu-satunya penambang yang menulis jurnal selama terjebak di bawah tanah. Namun, keluarga Segovia menegaskan bahwa catatan itu belum ditawarkan ke penerbit. (ywn)

lintasberita

0 komentar

Leave a Reply

Advertisment